Home Pulsa & Data Game

blog detail

blog
  • Thu Jan 2020

Cara Membangun Brand Awareness Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Bagi kalian yang ingin sukses berbisnis, maka pengertian brand awareness wajib dipahami. Adapun pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu merek sebagai bagian dari kategori produk tertentu. Merek suatu produk atau jasa layanan meliputi nama, simbol, tanda, desain atau kombinasi yang menjadi identitas dan membedakan suatu produk atau jasa layanan dengan produk atau jasa layanan lainnya. Brand awareness menjadi salah satu strategi untuk mencapai kekuatan merek atau yang dikenal dengan istilah brand equity.

Jika konsumen mampu mengingat dan mengenali suatu produk dengan baik, maka peluang konsumen untuk membeli produk tersebut pun semakin terbuka lebar. Sebab sebagian besar konsumen memiliki kecenderungan untuk membeli produk dengan merek tertentu yang sudah mereka kenal. Merek produk yang tidak asing akan menghadirkan rasa aman yang kemudian mendorong keputusan untuk membeli. Karena itulah brand awareness menjadi sangat penting bagi kemajuan bisnis kalian, baik untuk produk maupun jasa.

Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan brand awareness yang efektif.

 

1. Social Media

Media sosial menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan brand awareness, sebab media ini menjadi konsumsi yang wajib bagi masyarakat saat ini. Dalam menggunakan social media, Anda harus menyusun strategi yang tepat. Anda harus memastikan bahwa social media bisnis Anda aktif, yang berarti anda harus sering post dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers Anda. Jika Anda merasa sulit mencari waktu untuk aktif di social media, ada berbagai tools yang bisa anda gunakan untuk menyusun jadwal posting untuk social media Anda, seperti salah satunya Hootsuite. Tool ini adalah layanan manajemen konten yang terhubung dengan berbagai social media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, and WordPress.

Selain waktu dan interaksi, Anda juga harus memperhatikan konten Anda. Topik yang Anda bahas di social media harus relevan sehingga banyak orang akan lebih tertarik membaca dan berinteraksi dengan Anda. Memilih konten dan platform social media yang tepat tidak hanya akan membantu memperkuat brand Anda tetapi juga mencapai konsumen atau calon konsumen dengan lebih luas lagi.

 

2. Content Marketing

Strategi ini ialah pilihan fresh di tengah masyarakat yang jemu pada iklan. Ciri utama content marketing ialah di mana merek menyajikan konten yang memiliki nilai, baik itu informasi atau hiburan bagi audiensnya. Nilai ini yang nantinya menarik audiens atau calon konsumen untuk mengonsumsi konten merek dengan kemauan mereka sendiri. Sehingga secara tidak sadar audiens terpapar oleh pesan dan nama merek.

Dalam membuat konten untuk content marketing, perlu diperhatikan bahwa Anda harus menulis artikel yang menarik, relevan, dan memiliki nilai. Konten yang Anda buat akan membantu menetapkan Anda sebagai seorang expert di bidangnya, yang nantinya akan membantu meningkatkan brand awareness dan pada akhirnya menambah jumlah konsumen.

Perlu diingat bahwa konten untuk brand awareness adalah untuk memberi informasi kepada pembaca, bukan untuk menjual barang atau jasa Anda. Content marketing yang dimaksud disini adalah konten yang positif dan informatif yang melibatkan konsumen.

 

3. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang populer sejak kemunculan Instagram. Anda bisa bekerja sama dengan para influencer supaya mereka mempromosikan produk Anda. Berbekal followers si selebgram yang banyak, Anda bisa dengan efektif meningkatkan brand awareness ke segmen pasar yang spesifik.

Cara marketing ini akan sangat efektif dipakai ketika Anda baru merilis sebuah produk. Dengan kepopuleran dan jangkauan luas influencers, brand awareness sebuah bisnis bisa terangkat dengan seketika.

 

4. Sponsorship

Menjadi sponsor berbagai kegiatan bisa menjadi cara jitu untuk semakin mendekatkan produk atau jasa layanan kalian kepada masyarakat. Kalian bisa menjadi sponsor kegiatan sosial, kegiatan olahraga, kegiatan penggalangan dana dan kegiatan-kegiatan sejenis lainnya. Tak harus selalu menjadi sponsor utama, kalian bisa ambil bagian sebagai sponsor pendukung.

Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, pastikan kalian menampilkan nama dan logo produk atau perusahaan. Misalnya saja memunculkan atribut nama dan logo pada paket souvenir kegiatan, kaos, spanduk, dan pernak pernik lainnya. Keterlibatan kalian dalam kegiatan-kegiatan masyarakat yang positif akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan memiliki niat baik dan menjadi bagian dari masyarakat. Mereka secara alami akan membicarakan bisnis kalian dan merekomendasikannya kepada lingkaran relasi terdekat.

 

5. Event Marketing 

Mengadakan event juga merupakan salah satu cara untuk membangun brand awareness. Apapun bisnis Anda, mengadakan sebuah live event akan membantu untuk mendapat perhatian dari konsumen dan calon konsumen. Anda bisa membuat event seperti launching produk baru atau promosi dan seminar.

Melalui event, Anda akan berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen Anda. Orang-orang juga mendapat kesempatan untuk melihat dan mengenal brand Anda secara langsung.