Home Favorit

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Belanja Pasti Indonesia terkait penggunaan jasa eBelanja.id pada situs www.ebelanja.id dan aplikasi eBelanja. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.ebelanja.id maupun aplikasi eBelanja, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT.Belanja Pasti Indonesia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.ebelanja.id maupun aplikasi eBelanja.

Syarat dan Ketentuan eBelanja.id adalah penjelasan terkait peraturan Penggunaan situs dan platform eBelanja.id, meliputi:

  1. Definisi
  2. Ketentuan Umum
  3. Akun, Password dan Keamanan
  4. Pengisian Saldo dan Penggunaan Layanan Akun eBelanja.id
  5. Pembatalan Transaksi
  6. Refund
  7. Transaksi yang Mencurigakan
  8. Layanan di Luar Jam Kerja dan Hari Libur
  9. Penutupan Akun dan Masa Kadaluarsa Akun
  10. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
  11. Ganti Rugi
  12. Pembaharuan
 

A. Definisi

  1. PT Belanja Pasti Indonesia adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.ebelanja.id dan aplikasi android eBelanja, yakni situs/platform jual beli dan loket PPOB. Selanjutnya disebut eBelanja.id.
  2. Akun mengacu pada Akun yang dibuat oleh Pengguna segera setelah Pengguna menyelesaikan proses pendaftaran di situs maupun aplikasi mobile eBelanja.id, yang berisi informasi mengenai data pribadi Pengguna dan Saldo milik Pengguna.
  3. Pengguna, Anda, atau Milik Anda mengacu pada pihak yang menggunakan layanan situs maupun aplikasi ebelanja, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, dan pihak lain yang memiliki kepentingan menggunakan situs maupun aplikasi ebelanja.
  4. Mitra berarti Pengguna situs maupun aplikasi eBelanja.id atau Agen eBelanja.id
  5. Partner berarti setiap partner kerja sama yang dicantumkan di halaman- halaman situs yang tersedia di https://www.ebelanja.id yang menerima pembayaran pengguna untuk penjualan produk dan layanan mereka dan yang memiliki kontrak resmi dengan kami. Daftar Partner yang tersedia di https://www.ebelanja.id mungkin direvisi oleh Kami dari waktu ke waktu tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu.
  6. Saldo berarti uang yang diberikan oleh Mitra kepada eBelanja.id sebagai uang muka pembelian produk dalam jumlah minimum sesuai ketentuan dari waktu ke waktu.
  7. Refund adalah fasilitas pengembalian saldo dari eBelanja.id yang terjadi akibat dari pembatalan, atau kesalahan dalam proses transaksi dalam situs maupun aplikasi eBelanja.id
  8. Transfer Bank berarti layanan yang ditawarkan oleh eBelanja.id di mana Pengguna dapat melakukan transfer uang dari Saldo Agen ke rekening bank tujuan yang ada di Indonesia.
  9. Syarat dan Ketentuan mengacu pada Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan produk dan layanan eBelanj.id yang tersedia situs dan aplikasi mobile serta produk dan layanan lainnya yang mungkin akan tersedia di masa depan
  10. Layanan berarti setiap layanan yang ditawarkan oleh PT Belanja Pasti Indonesia kepada Mitra dan / atau Pengguna melalui situs maupun aplikasi eBelanj.id, yang mana penggunaannya diatur oleh Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
B. Ketentuan Umum

  1. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek tunggal juga berlaku untuk subjek jamak dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek maskulin juga berlaku untuk subjek feminin dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Judul dan keterangan hanya digunakan untuk membantu memperjelas Syarat dan Ketentuan ini sehingga tidak seharusnya mempengaruhi pengertian dari Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu individu, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk pewaris, wali dan perwakilan resmi dari individu tersebut. Demikian pula, setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu entitas hukum, misalnya eBelanja.id, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk rekanan, pewaris dan perwakilan resmi dari entitas tersebut.
 

C. Akun, Password dan Keamanan

Akun

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Anda dapat membuat dan menggunakan Akun eBelanja.id jika Anda: a.Minimal berusia 17 tahun (untuk Pengguna teregistrasi),Tinggal di Indonesia,Menggunakan Layanan Kami untuk melakukan transaksi hanya dalam Rupiah Indonesia dan bukan dalam mata uang lainnya,Menggunakan Layanan pada perangkat yang sesuai.
  3. Kami berhak untuk segera membekukan Akun Anda jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Akun Anda telah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  4. Registrasi dan kepemilikan Akun eBelanja.id tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Kami berhak untuk mulai mengenakan biaya kepada para Pengguna Layanan Kami di masa yang akan datang. Syarat dan Ketentuan terkait pengenaan biaya terhadap Layanan Kami di masa mendatang akan dicantumkan pada perubahan dari Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
Password

  1. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  2. eBelanja.id tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu eBelanja.id menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan eBelanja.id atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  3. Pengguna setuju untuk memberitahu eBelanja.id jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  4. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa eBelanja.id tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  5. Jika Anda lupa password, Anda dapat menekan tombol ‘Lupa Password’. Setelah menekan tombol ‘Lupa Password’,  Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui sms ke nomor handphone Anda yang terdaftar di eBelanja.id. Anda wajib menjaga kerahasiaan kode OTP ini dari pihak manapun, termasuk dari semua staff eBelanja.id sekalipun, hingga kode OTP ini selesai dipakai. Jika kode OTP Anda diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab eBelanja.id.
Keamanan

  1. Untuk membuat sebuah Akun, Anda harus memberikan Data Registrasi kepada Kami, seperti: Nama Anda, Satu Nomor handphone yang valid dan fungsional, Satu Password (terdiri atas minimal 5 karakter dengan kombinasi paling tidak mengandung satu huruf kecil, satu huruf besar, dan satu angka)
  2. Informasi tambahan yang diperlukan untuk memenuhi regulasi yang berlaku dan mendukung pelaksanaan Layanan Kami.
  3. Data Registrasi dan informasi tambahan lainnya yang Anda berikan kepada Kami harus disampaikan dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan pengetahuan Anda, kepercayaan Anda dan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan dalam pemberian Data Registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
  4. Anda dilarang membagikan Data Registrasi Anda kepada pihak ketiga mana pun. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan Data Registrasi Anda dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun eBelanja.id milik Anda, baik yang dilakukan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun.
  5. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Anda, Kami menghimbau Anda untuk:
  6. Segera hubungi kami di nomor hp resmi eBelanja.id di +6282264909090 mengenai apa pun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Anda
  7. Mengubah PIN secara berkala
  8. Untuk mencegah pencucian uang dan/atau pembiayaan terorisme di Indonesia, Kami berhak untuk membekukan Akun Anda dengan segera jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Data Registrasi atau data apa pun yang diberikan oleh Anda tidak benar, dan/atau ada indikasi bahwa Akun Anda telah dibajak dengan cara apa pun.
D. Pengisian Saldo dan Penggunaan Layanan Akun eBelanja.id

Saat ini, metode pengisian Saldo Agen dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu: Transfer Bank, dan Sales Area yang telah terdapat di beberapak kota. Anda dapat memilih salah satu dari metode pembayaran Kami untuk melakukan pengisian Saldo Agen eBelanja.id Anda yang dapat digunakan untuk membayar produk dan layanan eBelanja.id.

Ketika Anda memilih untuk mengisi Saldo Agen eBelanja.id Anda, Anda akan diminta untuk mengikuti instruksi pembayaran yang sudah disiapkan oleh Kami. Jika Anda mengikuti instruksi tersebut dan memberikan detil/informasi pembayaran, Anda menyetujui bahwa Anda melakukannya secara sadar tanpa ada paksaan dari Kami atau pihak mana pun.

Detil/informasi pembayaran yang Anda berikan harus benar dan akurat sesuai dengan pengetahuan, informasi dan kepercayaan Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi jika Anda memberikan detil/informasi pembayaran yang salah atau tidak benar.

Anda mewakili dan menjamin bahwa Anda sah dan secara utuh berhak untuk menggunakan rekening bank apa pun yang Anda coba gunakan untuk mengisi Saldo Agen eBelanja.id dan membayar produk dan layanan eBelanja.id.

Anda mewakili dan menjamin bahwa rekening bank yang Anda gunakan untuk mengisi Saldo Agen eBelanja.id dan membayar produk dan layanan eBelanja.id memiliki dana yang cukup untuk melakukan transaksi yang diajukan. Apabila ada kesalahan terkait transaksi yang Anda lakukan, maka akan diproses dengan mengacu pada Kebijakan Refund yang berlaku di eBelanja.id.

Anda dengan ini mengizinkan Kami untuk memegang, menerima, dan mengeluarkan dana dari Akun eBelanja.id Anda sesuai dengan instruksi pembayaran yang Kami terima dari Anda. Anda dapat melihat catatan transaksi yang berkaitan dengan Saldo Agen eBelanja.id Anda. Jika Anda ingin meminta refund dari transaksi sebelumnya yang telah terjadi melalui Akun eBelanja.id Anda, Anda dapat melakukannya sesuai dengan prosedur Kami yang mengacu pada Kebijakan Refund.

E. Pembatalan Transaksi

Perlu dicatat bahwa transaksi hanya dapat dibatalkan apabila transaksi tersebut belum diproses. Kami sangat menyarankan Anda untuk selalu mengecek detil pengisian Saldo Agen, pembayaran produk dan/atau layanan, ataupun Transfer Bank dengan seksama sebelum bertransaksi. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahan transaksi sehingga Anda tidak perlu membatalkan transaksi yang telah dilakukan.

F. Refund

Jika Anda menginginkan refund Saldo Agen yang telah dipotong dari Akun eBelanja.id Anda, mohon jelaskan dan kirimkan permintaan refund Anda ke customer service Kami via whatsapp di +62 838 63 909090.

Setiap permintaan refund yang dibuat oleh Anda akan diproses oleh Kami. Keberhasilan dari permintaan tersebut bergantung pada kondisi yang ada guna mendukung validasi sesuai prosedur Kami.

Jika Kami memutuskan bahwa permintaan refund Anda valid, Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk melaksanakan refund tersebut dan mengembalikan Saldo Agen yang berkaitan ke Akun eBelanja.id Anda dalam waktu maksimal 3 hari kerja terhitung setelah laporan diterima.

Kami akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menjawab permintaan refund Anda secepat mungkin. Kami tidak bertanggung jawab atas penundaan/keterlambatan proses refund, yang mungkin disebabkan oleh Anda maupun pihak ketiga, seperti contohnya Perbankan.

G. Transaksi yang Mencurigakan

Jika Kami memiliki alasan untuk mempercayai adanya indikasi penipuan dalam aktivitas pembayaran yang terjadi atas Akun Anda, Kami akan membekukan Akun Anda. Anda akan kehilangan akses ke dalam Akun Anda selama Kami melakukan proses investigasi

Kami bergantung pada sejumlah pihak ketiga seperti Bank dan Partner dalam melakukan investigasi. Namun, kami akan mengupayakan yang terbaik untuk menyelesaikan investigasi tersebut secepat mungkin.

Kembalinya hak akses Anda atas Akun Anda bergantung pada hasil investigasi Kami dan pihak ketiga.

H. Layanan di Luar Jam Kerja dan Hari Libur

Layanan Kami bergantung pada pihak ketiga seperti bank, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan listrik. Kami tidak dapat mengontrol kejadian yang berhubungan dengan layanan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Kami tidak dapat bertanggung jawab untuk menjamin keberhasilan atau kecepatan layanan pembayaran di waktu-waktu khusus sebagai berikut:

1. Waktu di luar jam operasional normal di Indonesia (Senin – Jumat, pukul 08:00 – 17:00 WIB)

2. Hari Sabtu dan Minggu yang dianggap sebagai hari libur akhir pekan di Indonesia

3. Hari-hari yang dianggap sebagai hari libur nasional di Indonesia

4. Hari-hari di mana kasus “Force Majeure” terjadi.

I. Penutupan Akun dan Masa Kadaluarsa Akun

Kami berhak untuk mengubah, memberhentikan atau menutup Akun Anda jika terjadi perubahan regulasi dan hukum-hukum yang berlaku di Indonesia.

Anda dapat meminta pemberhentian Akun (blokir) di setiap waktu dengan mengirimkan permintaan melalui whatsapp +62 838 63 909090. Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk menjawab permintaan pemberhentian Akun Anda secepat mungkin.

Anda akan tetap bertanggung jawab atas semua transaksi yang terjadi sebelum pemberhentian Akun Anda.

Anda dihimbau untuk mengosongkan Saldo Agen eBelanja.id Anda terlebih dahulu, karena sisa Saldo agen yang masih tersisa di Akun eBelanja.id Anda tidak dapat ditarik kembali ke rekening bank pribadi Anda.

Masa Kadaluwarsa” dari Akun eBelanja.id akan terjadi untuk situasi sebagai berikut:

Masa Kadaluwarsa periode 180 (seratus delapan puluh) hari antara tanggal berhasilnya pembuatan Akun Anda dan tanggal penggunaan Akun pertama kali atau

Masa Kadaluwarsa periode 180 (seratus delapan puluh) hari dari tanggal penggunaan Akun terakhir.

Kami akan menginformasikan Anda melalui Nomor Handphone Terdaftar Anda 30 (tiga puluh) hari sebelum Masa Kadaluwarsa dari Akun eBelanja.id Anda.

Mohon dicatat khusus untuk pengguna yang sudah melakukan verifikasi bahwa pada tanggal kadaluwarsa, Akun Anda akan diberhentikan dan Saldo Agen yang masih tersisa di Akun eBelanja.id Anda akan disimpan di dalam sistem Kami hingga Anda meminta kembali.

J. Pembaharuan

Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. eBelanja.id menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan eBelanja.id, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.