Home Pulsa & Data Game

blog detail

blog
  • Tue Jan 2020

Bagaimana Cara Efektif Memilih Niche Market untuk Bisnis Online

Dalam membangun bisnis online, anda harus menentukan strategi pasar dan tren yang sedang berkembang untuk menambah keuntungan pada produk anda. Banyak strategi marketing yang menawarkan banyak keunggulan terutama pada konten digital marketing.

Namun, ada salah satu strategi marketing yang wajib kamu ketahui ialah niche market. Strategi niche  market masih banyak belum diketahui oleh banyak orang. Termasuk salah satu kesuksesan startup di Indonesia yaitu dengan menggunakan niche market.

Anda dapat mengetahui lebih lengkap dengan membaca artikel ini mengenai  niche  market.

 

Apa Itu Niche Market

Niche market adalah bagian dari sebuah industri dengan target pasar yang lebih spesifik atau lingkup konsumen yang lebih kecil. Dengan kata lain, niche market merupakan segmentasi dari industri yang lebih luas alias mass market.

Salah satu contoh sederhana dari niche marketing ada di dalam industri perangkat komputer. Dalam industri ini, Anda dapat menemukan pasar laptop gaming dan pelajar. Kedua pasar tersebut memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda dari segi keuangan dan kebutuhannya.

Selain kedua faktor tersebut, niche market juga dapat diidentifikasi dari berbagai elemen, termasuk usia, gender, letak geografis, pekerjaan, gaya hidup, hobi, dan lain-lain.

 

Namun, menentukan niche market yang ingin Anda geluti tidaklah cukup dengan hanya memilih satu atau beberapa faktor tersebut. Mari simak langkah-langkahnya pada bagian berikut ini.

1. Identifikasi Tren Pasar dan Riset Pasar

Ini merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan sebagai langkah inti. Anda terlebih dahulu harus menentukan 10 topik tren pasar dengan kesukaan mu. Hal ini dilakukan agar dapat membuka jalan dalam menemukan niche market untuk produk anda..

Mengapa dalam menentukannya harus berdasarkan tren dan apa yang kamu sukai? Karena, ketika kamu sendiri tidak tertarik terhadap bisnis yang kamu bangun, maka besar kemungkinan untuk tiba – tiba berhenti.

Akan tetapi, Anda perlu memastikan bahwa ide tersebut layak dijadikan sebuah bisnis dengan melakukan riset pasar.

Untuk melakukan riset pasar, sebaiknya kamu perlu pengujian terlebih dahulu. Misalnya apakah produk tersebut layak dipasarkan dan kamu mencari tiga orang dahulu yang mau membeli produk yang dijual selain orang-orang yang kita kenal. Kemudian, lakukan penelusuran dan pengkajian kembali apakah produk yang sedang kamu tawarkan memang menyelesaikan dan dibutuhkan masyarakat. Termasuk pula siapa para kompetitor dari produk yang kamu tawarkan.

 

2. Tawarkan produk atau layanan yang unik

Trik agar anda dapat menemukan produk atau layanan yang unik dan berbeda ialah dengan mencari kebutuhan penting dalam hidup yang hingga saat ini belum terpenuhi.

Salah satu contohnya ialah : Gojek yang menawarkan solusi untuk pemesanan jasa antar dan jemput dengan mudah dan cepat hanya dengan smartphone saja. Selain itu  juga Gojek mempunyai fitur lainnya dimana mereka berfokus pada 3 lini besar diantaranya pembarayan, Transportasi dan Logistik.

 

3. Uji Coba Produk terhadap Niche Market

Anda sudah memiliki niche market potensial dan melakukan riset pasar. Selanjutnya, yang diperlukan adalah menguji coba produk pada pasar yang ingin dituju.

Sebagai permulaan, Anda bisa membuat landing page produk. Selain sebagai media penjualan, halaman ini juga digunakan untuk mendeskripsikan produk tersebut. Tak lupa, tampilkan juga fitur feedback agar para pembeli pertama dapat memberikan masukan.

Ditambah juga, buatlah campaign pay-per-click (PPC) di platform seperti Google Ads sebagai langkah pemasaran. Ini adalah iklan berbayar yang ditampilkan pada hasil pencarian Google untuk kata kunci yang Anda tentukan.

Misalnya, setiap pencarian dengan kata kunci “sabun herbal” akan memunculkan iklan Anda pada halaman pertama hasil pencarian. Meskipun memerlukan biaya, Anda bisa menentukan sendiri jumlah anggaran untuk iklan tersebut.

Kemudian, perhatikan hasil uji coba Anda. Seberapa banyak produk yang terjual? Bagaimana tanggapan pembeli terhadap produk Anda?

Jika hasilnya belum memuaskan, janganlah menyerah. Tidak ada ide bisnis yang efektif tanpa percobaan. Sesuaikan produk tersebut dengan kebutuhan niche market Anda dan coba lagi hingga menemukan hasil yang menjanjikan.